Sunday, February 25, 2007

Bernapas lah dalam dalam untuk relaksasi

Napas dan Relaksasi pikiran

Anda pasti setuju jika saya mengatakan bahwa setiap makhluk hidup itu pasti bernapas !, walau cara bernapas setiap makhluk hidup itu berbeda satu dengan yang lainnya , misalnya manusia dengan ikan tentu berbeda , sekarang coba amati dan perhatikan bayi di dalam kandungan apakah cara bernapasnya sama dengan bayi yang sudah lahir ? tentu beda, juga saat bayi berusia balita akan berbeda dengan seorang dewasa, Pernahkan anda mengalami tiba tiba secara reflek anda menghirup napas dalam dalam ? hal ini biasanya saat habis menangis atau habis mendengar suatu kabar yang membuat dada kita seperti sesak dan akhirnya secara spontan anda menghirup napas dalam dalam, hal ini menunjukkan bahwa tubuh anda merespon kekurangan oksigen suplai ke otak.

Sekarang anda akan berlatih bagaimana melalukan rilekasasi mental dengan napas hanya dalam waktu tidak lebih dari 5 menit, sebaiknya anda mencari tempat terbuka atau setengah terbuka, yang mana tempat tersebut harus bersih dan udara segar bisa bersirkulasi dengan bebas. Hindari tempat tempat yang membuat anda merasa tidak nyaman, saat melakukan relaksasi napas, seperti dekat tempat pembuangan limbah atau sampah, Toilet.

Saya sendiri selalu menggunakan metode relaksasi dengan napas ini untuk membantu menyegarkan mental dan pikiran.
Carilah tempat duduk bisa dikursi atau sofa, atau dengan duduk bersila setengah terbuka yang penting anda merasa nyaman. Setelah anda sudah duduk dengan nyaman, angkat kedua tangan anda keatas dengan posisi kedua telapak tangan saling berkaitan atau disatukan ( lihat gambar ), tarik dengan lembut keatas dan seiring itu tarik napas dalam dalam, tanpa menahan napas kemudian anda buang napas melalui mulut dengan agak cepat sampai anda merasa tidak ada lagi udara yang tersisa di dada, setelah itu anda hirup udara dalam dalam kemudian anda keluarkan melalui hidung , anda lakukan cukup 2 kali saja, dan bagaimana anda sudah merasa lebih rilek dan segar sekarang?.
Metode diatas bisa anda lakukan kapan saja dan dimana saja selama tempat yang digunakan, mempunyai siklus udara yang bersih dan tidak berbau tajam, hal ini untuk menghindari pengaruh perasaan tidak nyaman saat anda menarik napas yang bisa juga mengakibat rasa mual, jika anda melakukan ditempat yang pengap atau di dekat tempat pembuangan sampah.

1 comment:

sourceid said...

CD Refrensi Hipnotis
CD kumpulan e-book dan refrensi lengkap untuk hipnotis dan hipnoterapy klik disini.
http://aneka-cd.t35.com Terimakasih.