Sunday, February 25, 2007

Hubungan Manusia dengan alam

Manusia dan alam

Manusia sebagai Mikrokosmos (Jagad kecil) dan alam semesta raya disebut sebagai Makrokosmos (Jagad Raya), hal ini sudah banyak diketahui seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, artinya ada hubugan yang sangat erat antara manusia dan alam sekitarnya.
Sesuai isi bahasan buku ini yang membahasa tentang segala potensi daya atau kekuatan yang ada pada setiap diri manusia, maka tentunya akan lebih jelas apabila kita mengetahui bahwa, kekuatan alam pun bisa bersinergi dengan manusia.
Saya tidak sedang berkata klenik atau takhayul, namun sesuatu yang bisa dijelaskan secara nalar logika dan ilmiah. Pernahkah anda melihat sebuah pertunjukkan akrobatik atau acara TV belief or not , yang mempertontonkan kemampuan seseorang yang bisa berjalan diatas api, memecahkan balok berlapis lapis, menarik bis dengan menggunakan janggut, ada juga kemampuan seseorang yang bisa mengeluarkan benda benda yang sudah terpendam tanpa menggunakan alat, namu dengan semacam telekinesis dan pernah saya melihat seorang yang mampu bertahan berjam jam dibawah lapisan es di kutub dengan suhu dibawah nol derajat!.
Semua kemampuan diatas ternyata didapat setelah menjalankan sebuah latihan yang teratur dalam periode waktu yang tidak bisa dibilang sebentar , seperti pernapasan, meditasi dan sejenisnya. Lalu apa hubungannya bahwa manusia sangat erat dengan alam semesta, didalam tradisi khazanah ilmu beladiri timur, ada falsafah bahwa manusia bisa mendayagunakan kekuatan alam semesta, dengan cara menyerap dan menghimpun daya kekuatan alam ( Air, Angin, Api, tanah/bumi ).
Kekuatan alam ini ada yang menyebutnya Prana, Ki, Chi, atau sebutan lainnya tergantung daerah masing masing, yang pada dasarnya yaitu sebutan yang digunakan untuk melambangkan daya kekuatan alam semesta yang dihimpun dalam diri (Mikro kosmos/jagad kecil).

Kembali kepada hubungan manusia dan alam coba anda memperhatikan bahwasanya ada kesamaan unsur unsur atau komponen yang terdapat di alam terdapat juga dalam diri anda.

Perhatikan tabel dibawah ini
Unsur Alam
1. Air
2. Angin / Udara
3. Tanah
4. Api / Panas
Unsur Manusia
1. Air
2. Angin / Udara
3. Tanah (berasal dari sari pati makanan) bisa dibuktikan bahwa kita punya daki
4. Api / Panas
5. Ruh

Tabel sederhana diatas memberikan wacana singkat mengenai unsur/komponen manusia dan alam.
Jadi saat kekuatan semesta itu dihimpun dalam diri kita untuk disatukan dengan daya Cipta (Mental Kreatif) serta dibarengi pengolahan napas, maka akan muncul kekuatan yang bisa digunakan untuk penyembuhan diri maupun orang lain, ada juga yang menggunakannya untuk beladiri atau pertunjukkan yang bersifat menghibur, seperti akrobat misalnya.

No comments: