Sunday, February 25, 2007

Siapa di belakang Kemudi (Motor/Mobil/Pesawat...?)

Siapa dibelakang kemudi mobil ?

Saya ingat betul waktu awal awal belajar mengemudikan mobil, waktu itu saya belajar mobil menggunakan Sedan Toyota Th.95 yang manual, saat duduk dikemudi mobil dan mulai belajar menjalankan kemudi, lalu mengoper gigi perseneling dan harus menginjak kopling bersamaan, betul betul membuat diri saya stress, saya merasakan mobil itu begitu besar, tapi teman yang mendampingi mengatakan rilek dan tenang aja, ini kan dilapangan , tidak usah kuatir nabrak atau ditabrak, dan berbagai instruksi yang diberikan oleh teman yang duduk disamping, saya ikuti.
Pelajaran mengemudi mobil terus berlanjut sampai 3 hari, dan di hari ketiga saya sudah mulai bisa lancer menginjak pedal kopling sambil mengoper gigi perseneling dan jalan mobil tidak lagi belok kanan kiri tapi sudah mulai seimbang, kemudian tibalah saatnya teman yang menjadi instruktur pelatih mengemudi saya, menyuruh saya untuk ke jalan raya. Sungguh terkejut saya bertanya apa saya sudah lancar dan tidak belok belok kalau jalan? Tanya saya, namun teman saya menjawab, sudah tenang saja kalau tidak pernah mencoba jalan raya, memang kamu mau mengemudi mobil di lapangan aja.
Sebelum saya sempat berargumen, teman saya mengatakan, kita ke jalan tapi jangan yang terlalu ramai, ke jalur pinggiran aja.
Singkat cerita selama mengemudikan mobil dijalan raya, saya benar benar harus fokus dan tegang walau akhirnya selamat sampai tiba dirumah.

Inti kisah ini adalah saya ingin mengajak anda untuk lebih memahami secara mudah tentang sisi batin bawah sadar kita. Kini saya bisa mengemudikan mobil sambil memutar musik, kadang sambil meminum sebotol air mineral, menerima telpon , dan bahkan mengemudikan dengan 2 jari. Kenapa saat awal belajar dan saat sudah lancar berbeda dalam hal mengemudikan mobil, kalau anda jawab karena saat belajar belum bisa dan biasa, itu betul namun dalam kontek bahasan ini, saat anda awal belajar , anda menggunakan pikiran sadar dan saat sudah lancar maka pikiran atau batin bawah sadar anda yang mengambil alih.

No comments: