Sunday, February 25, 2007

Menyeimbangkan energi

Menyeimbangkan mental dan aliran energi di tubuh
Latihan napas ini bertujuan untuk menyeimbangkan mental dan fungsi otak kiri dan kanan , disamping melatih kepekaan rasa juga berguna untuk memperkuat daya ingat, karena secara otomatis anda melakukan suplai oksigen ke otak.
Selalu lakukan latihan ataupun sesi terapi dengan menggunakan pakaian yang longgar dan tempat yang nyaman, serta memiliki sirkulasi udara segar yang bagus, Latihan ini bisa dilakukan dengan mengambil posisi duduk dikursi atau duduk bersila, punggung tidak bersandar tegak lurus tapi rileks.
Jika anda sudah siap anda bisa memulai , caranya sebagaimana diterangkan, saat anda menghirup napas melalui hidung kiri anda , maka lubang hidung kanan anda tutup dengan ibu jari, lalu anda mengeluarkan napas melalui hidung kanan, begitu juga jika anda menghirup napas melalui lubang hidung kanan, maka ibu jari anda menutup lubang hidung kiri dan anda mengeluarkan napas dengan lubang hidung kiri sambil memindahkan ibu jari anda ganti menutup lubang hidung kanan, jadi saling menyilang. Anda lakukan sebanyak 10 kali siklus, maksudnya masing masing hidung kanan dan kiri menarik napas sampai 10 kali.
Latihan ini dilakukan sehari 2 kali, waktunya yang dianjurkan bangun tidur dan mau tidur.
Jangan terburu buru ingin menambah jumlah siklus misalnya langsung menjadi 30 kali, saya sarankan buat setiap sesi latihan dengan senyaman mungkin, tapi tetap harus teratur karena ini semua untuk anda sendiri bukan?, jadi anda harus memiliki Niat, tekad yang teguh dan buat setiap sesi latihan menjadi menyenangkan.
Anda bisa mengiringi latihan dengan musik lembut kegemaran anda, silahkan anda atur sendiri.

No comments: