Sunday, February 25, 2007

Kepekaan Rasa (Merasakan aliran energi)

Merasakan adanya daya atau energi yang ada dalam tubuh
Latihan ini dimaksudkan untuk melatih kepekaan anda terhadap aliran energi yang mana energi itu memiliki kecerdasan tinggi tak terbatas, yang bisa diarahkan atau dikontrol dengan menggunakan rasa dan pikiran anda, anda bisa melakukan latihan dengan variasi anda sendiri, misalnya dengan teman atau anggota keluarga.
Syarat dalam menjalani setiap sesi latihan adalah
1. Jangan makan makanan berat minimal 1 jam sebelum latihan disarankan 2 jam.
2. Memakai pakaian yang longgar agar memudahkan sirkulasi peredaran darah, bisa juga menggunakan baju piyama, yang penting longgar dan nyaman dipakai.
3. Melakukan peregangan otot secukupnya 10 menit sudah cukup.
4. Berdoa menurut agama dan kepercayaan masing masing.
5. Dilakukan ditempat yang sirkulasi udaranya bagus, jangan dekat tempat yang menimbulkan bau tajam atau tidak nyaman.
6. Jika anda melakukan diruangan yang ber AC , sebaiknya suhu ruangan diatur normal, jangan terlalu dingin
7. Lakukan setiap sesi latihan dengan perasaan gembira dan ceria, ini sangat mempengaruhi aliran energi agar berjalan lancar.
8. Selalu menutup sesi latihan dengan rasa syukur kepada Tuhan.

Latihan 1
Bukalah telapak tangan kiri lebar lebar dan arahkan tegak lurus menghadap ke atas, lengan anda juga harus sejajar tegak lurus, sementara telapak tangan kanan, anda arahkan kebawah dengan posisi telapak tangan terbuka, latihan ini dilakukan dengan posisi berdiri, namun jika tidak memungkinkan anda bisa melakukan sambil duduk dikursi, tapi sebaiknya jangan bersandar, punggung anda harus tegak , namun tetap rilek.
Apakah anda dapat rasakan telapak tangan kanan dan juga telapak tangan kiri terasa berdenyut?. Coba ikuti atau diiringin dengan menarik napas, sambil meniatkan bahwa daya penyembuhan dari alam masuk lewat telapak tangan kiri, kemudian saat membuang napas anda niatkan mengeluarkan energi tersebut melalui telapak tangan kanan, mungkin anda bertanya kenapa tidak disuruh menahan napas?, saya katakan belum perlu untuk saat ini.
Karena anda baru mulai melatih latihan dasar merasakan aliran energi atau daya yang masuk dari telapak kiri dan keluar melalui telapak tangan kanan, secara bergantian nanti telapak tangan kanan diatas , dan ganti telapak tangan kiri dibawah, mudah bukan?, lakukan latihan ini 10 menit saja setiap hari 2 x selama 3 – 4 hari, sudah cukup.
Perhatikan gambar berikut.





Ada pertanyaan saat saya menjelaskan metode ini kepada salah seorang teman, bagaimana kalau orang itu mempunyai tangan cuman satu?, saya jawabnya ya tetap sama caranya Cuma bergantian misalnya setelah menghadap keatas 2 menit , lalu telapak tangan diarahkan kebawah begitu seterusnya.
Biasanya anda akan merasakan perbedaan jika telapak tangan kiri menghadap keatas ( yang diniatkan untuk menarik ) atau telapakan tangan kanan yang dibawah ( yang diniatkan untuk mengeluarkan energi ), saat anda balik telapak tangan kanan menghadap keatas dan telapak tangan kiri menghadap kebawah, perbedaan itu tergantung kepekaan masing masing orang, buku ini tidak membahas perihal cakra, tapi lebih mengedepankan metode penyembuhan dengan kepekaan rasa, pikiran ( visualisasi mental kreatif) dan pengolahan napas.

Untuk mengetahui kemajuan anda dalam berlatih, saya menyarankan anda membuat semacam daftar yang menceritakan, sensasi atau pengalaman setiap mengakhiri sesi latihan, atau terapi penyembuhan.
Anda bisa membuat daftar atau tabel sesuai kehendak anda, atau menggunakan tabel sederhana seperti dibawah ini.
Contoh tabel
Tanggal
Durasi : 15 Menit
Sensasi rasa di tangan dan kaki Sensasi rasa di seluruh tubuh Sensasi rasa di sekitar kepala & Bahu Sensasi rasa di sekitar daerah perut & dada
Ada aliran energi lembut seperti listrik , terutama di telapak tangan kanan Tubuh seperti ringan, dan keringat keluar Bahu kanan agak pegal Dada terasa lega,

Anda isi tabel diatas sesuai dengan sensasi rasa yang didapat, karena setiap orang pasti mengalamai hal yang berbeda beda, satu sama lainnya.
Jika anda berlatih secara kelompok, anda bisa mendiskusikan hasil latihan bersama sama, dan ini lebih menyenangkan.

No comments: