Sunday, February 25, 2007

Daya Cipta (Visualisasi Mental Kreatif)

Daya cipta ( visualisasi mental )
Kemampuan untuk memvisualisasikan (daya cipta mental) pada dasarnya dimiliki oleh semua orang, bahkan hal itu dimulai sejak anda masih kanak kanak. Masih ingatkah anda saat masih seorang bocah kecil anda bermain perang perangan bagi anak laki laki, atau bagi seorang anak perempuan mereka bermain dokter dan anak bayi, ternyata tanpa kita sadari sejak usia kanak kanak, kita sudah terbiasa melakukan Visualisasi mental kreatif, adakalanya kita juga meniru menjadi seorang jagoan atau pahlawan, misalnya superman, panglima perang dan lain sebagainya.
Jadi kalau sekarang anda berlatih melakukan visualisasi mental, itu bukan hal sulit, karena sudah merupakan faktor alami anda sebagai seorang manusia.
Sebelum dilanjutkan mungkin anda bertanya untuk apa kita melakukan latihan visualisasi mental?, baiklah saya jelaskan lagi, masih ingatkah anda tentang bab bagaimana pikiran (batin/mental) bisa mempengaruhi tubuh fisik. Bagaimana saat mendengar kabar berita buruk maka, tubuh kita langsung bereaksi, menjadi lemas, berdebar debar, kepala nyeri atau bahkan bisa jatuh pingsan karena syok.
Kita lanjutkan tentang latihan visualisasi mental ( Daya Cipta Batin ), coba anda isi tabel minuman dan makanan yang ada dibawah ini.

Minuman
Sensasi rasa minuman favorit anda
Makanan
Sensasi rasa makanan favorit anda,
Nama Minuman:
Rasanya………









Nama Makanan:
Rasanya…….

Anda tulis sambil memvisualisasikan seolah olah anda sedang menikmati minuman dan makanan tersebut saat ini.
Setelah anda menuliskan sensasi rasa minuman dan makanan favorit anda, tubuh anda memberikan reaksi terhadapan visualisasi mental yang anda lakukan, nah sekarang anda tulis reaksi tubuh anda saat anda menulis sambil membayangkan, anda menikmati minuman dan makanan favorit.
Saat saya menulis dan memvisualisasikan minuman favorit saya, maka tubuh saya bereaksi sebagai berikut

















Saat saya menulis dan memvisualisasikan minuman favorit saya, maka tubuh saya bereaksi sebagai berikut


Anda telah menyelesaikan latihan visualisasi mental ( Daya Cipta ), berarti anda sudah setahap maju , anda telah belajar mengontrol tubuh fisik anda melalui proses visualisasi mental, mudah bukan?

No comments: